Jumat

UJIAN KESEHATAN SAAT IBADAH HAJI


Ibadah haji adalah ibadah wajib bagi yang mempunyai kemampuan secara jasmani dan rohani. kemampuan jasmani meliputi : biaya haji, biaya keluarga yang ditinggalkan selama haji dan kemampuan kesehatan. kemampuan rohani meliputi : niat yang kuat untuk haji. Ibadah haji sebagai salah satu rukun islam, dan rukun islam akan sempurna jika melaksanakan rukun islam yang kelima yaitu Haji.

Haji sebagai bukti kecintaan dan ketaatan manusia kepada Sang Maha Pencipta. Orang yang berhaji karena Allah dan biaya yang digunakan diperoleh dari sumber yang baik dan halal maka dia tergolong orang yang soleh. orang yang soleh adalah orang yang di cintai oleh Allah SWT. Perjalanan haji adalah perjalanan suci yang harus dipersiapkan dengan baik dan sungguh - sungguh karena Allah SWT.


Dalam melaksanakan ibadah haji tentunya akan mengalami banyak sekali cobaan / ujian. supaya mendapatkan haji mabrur, jamaah haji harus bisa melewati ujian tersebut. berikut adalah ujian saat melaksanakan ibadah haji :


1. Ujian saat Niat

Niat adalah kunci utama dalam melaksanakan ibadah. Niatlah haji karena Allah bukan karena yang lain, misalnya : ingin memperoleh gelar haji, ingin memperoleh pengakuan dari orang lain, gengsi oleh teman, dan ingin dianggap mampu.

2. Ujian keyakinan

Yakinlah bahwa harta yang dikeluarkan untuk biaya haji akan diganti oleh Allah dengan sesuatu yang lebih besar. Keyakinan ini harus selalu dipelihara supaya tidak ada penyesalan terhadap harta yang dikeluarkan. Selain itu, ikhlas mengeluarkan biaya untuk Haji adalah sebuah keharusan sebagai bentuk kecintaan kepada Allah.

3. Ujian Kesabaran

Saat melaksanakan ibadah haji, kita akan bertemu dengan banyak manusia dari berbagai belahan dunia. Kita bertemu dengan berbagai bahasa, budaya dan kebiasaan yang berbeda - beda. tentunya kita harus bisa menyesuaikan diri.

Kadang kita menjumpai sahabat kita yang tidak cocok atau bahkan menjengkelkan, kita harus tetap bersabar saat menghadapi situasi seperti ini. Diantara hikmah berhaji adalah melatih kesabaran.


Saat berhaji, kita tidak boleh egois dan harus peduli dengan sabahat kita yang lain. saat teman kita membutuhkan pertolongan kita harus memberikannya.


4. Ujian kesehatan

Iklim di kota suci mekah dan madinah tentunya berbeda dengan di negara kita, tidak heran jika banyak jamaah haji yang mengalami gangguan kesehatan saat melaksanakan ibadah haji. siapkan obat - obatan / multivitamin untuk menjaga kesehatan selama ditanah suci. jangan sampai kondisi tubuh yang kurang sehat akan mengganggu aktivitas saat ibadah haji.

Ujian diatas akan kita alami saat berhaji. Allah selalu memberikan ujian kepada makhluk ciptaannya supaya dia menjadi orang yang lebih baik dan lebih kuat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini