Senin

RINDU MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM ( MEKKAH ) DENGAN UMROH ATAU HAJI


Saudara - saudara muslimin dan muslimat yang belum pernah ke Tanah Suci akan selalu membayangkan kayak apa Kota suci mekah dan madinah yang sering dibicarakan oleh seluruh umat Islam di Dunia, Kayak apa suasana, Kayak apa masjid nabawi dan masjidil haram yang disebutkan oleh Al Qur'an dan sering diceritakan oleh orang - orang tua dan orang - orang yang sudah pernah kesana.


Ya Allah Ya Rabb, Mudahkanlah kami berangkat ke tanah suci mekah al mukaromah dan madinah al munawarah. Mudahkanlah kami melihat Kota Suci yang telah Engkau Beri banyak Keistimewaan. Mudahkanlah Kami untuk merasakan shalat dan berdoa di masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Izinkanlah kami untuk bisa berziarah ke Makam Rasulullah dan para SahabatNya. Berikanlah kami kekuatan dan kemampuan untuk menginjakkan Kaki di Kota yang dicintai oleh Rasulullah SAW. Aamiin...


Saat kesempatan itu tiba, tentu akan membuat hati kita bergetar dan penuh kebahagiaan. Kita bisa menginjakkan kaki, merasakan dan beribadah dikota yang dirindukan oleh Seluruh umat muslim didunia. Tak terbendung kebahagiaan kita dan rasa sukur kita saat impian yang telah lama terpendam akhirnya terwujud sekarang.


Kota Madinah terdapat masjid Nabawi yang sangat Indah yang dipenuhi dengan cahaya, yang tampak bersinar ketika malam tiba. Didalam masjid nabawi terdapat Makam Rasulullah, Abu Bakar dan Umar Bin Qatab. Betapa bahagianya jika kita benar - benar bisa memberikan salam kepada Rasulullah, shalat di dekat makam Rasulullah dan berdoa disana.


Sebagai umat muslim yang mencintai Allah dan Rasulullah SAW, jangan cuma pengen kaya, jangan cuma pengen kerja, jangan cuma pengen menikah tetapi bermimpilah untuk umrah dan haji, shalat dimasjid nabawi, shalat di masjidil haram. Cari fotonya dan pajang di kamar, ceritakan kepada anak, istri atau suami, bangun mimpi bersama dan yakinlah bahwa suatu saat akan bersama - sama pergi ke tanah suci.


Selain itu di Masjid Nabawi terdapat Raudhah yang memberikana kesan tersendiri bagi seluruh jamaah karena saking istimewanya tempat tersebut. Raudhah adalah suatu tempat yang disebut sebagai Taman surga, ditandai dengan karpet berwarna hijau dan siapapun yang berdoa disana dengan sungguh - sungguh maka doanya akan dikabulkan. Ditempat ini jamaah rela berdesak - desakkan di untuk bisa shalat dan berdoa disana, melihat makan Rasulullah dan memberikan salam kepada Rasulullah dan para sahabat. Rasanya sungguh luar biasa saat shalat diraudhah. Tidak terasa air mata akan jatuh bercucuran karena saking bahagianya. tidak akan bisa diungkapkan betapa tenang dan tentramnya saat berada diRaudhah. kesulitan yang dialami tidak akan dirasakan dibandingkan kenikmatan yang dirasakan saat bisa melakukan Shalat dan Berdoa di Raudhah.


Selesai dari masjid Nabawi, dilanjutkan perjalanan menuju Kota Suci Mekah. Sebelumnya Ambil Miqat (Niat) di Masjid Bir Ali. Dalam perjalanan menuju Kota Suci Mekah diiringi dengan Talbiyah :

"Labbaik, Allahumma Labbaik Labbaik. laa syariika laka labbaik innal hamda wan ni'mata laka wal mulk laa syariika laka."
Aku datang memenuhi panggilanMu, ya Allah aku memenuhi panggilanMu. Aku memenuhi panggilanMu, tiada sekutu bagiMu, aku memenuhi panggilanMu. Sungguh segala puji dan nikmat adalah milikMu, begitu juga seluruh kerajaan, tiada sekutu bagiMu.

Bacaan Talbiyah ini sungguh akan menggetarkan hati kita, menggugurkan kesombongan kita dan juga akan menentramkan Hati Kita, Seolah - olah kita benar benar akan datang menuju Baitullah (Rumah Allah) dan Bertemu dengan Allah, Subhanallah...Sungguh perasaan seperti itu hanya akan dirasakan oleh orang - orang yang benar - benar berniat hanya karena Allah SWT.

Saat Melihat Ka'bah pertama kali di Masjidil Haram sungguh air mata akan berlinangan dan tertahankan. banyak jamaah yang sampai menjerit karena saking bahagianya mereka melihat ka'bah yang menjadi Kiblatnya Umat Muslim di seluruh dunia. Ka'bah ini terlihat sangat sederhana, berwarna Hitaam berbentu kubus, akan tetapi ka'bah ini memberi makna dan kesan yang mendalam bagi yang melihatnya. 


Saat Tawaf mengelilingi Ka'bah air mata akan mengalir tanpa henti, entah kekuatan apa yang mendorongnya, tapi memang subhanallah kita akan melihat suasana yang sungguh berbeda di Masjidil Haram. Melihat jutaan manusia mengelilingi ka'bah yang tak pernah putus, melihat pintu ka'bah, melihat ka'bah dan suasana yang ada disana akan membuat hati kita bergetar seolah - olah manusia adalah makhluk yang sangat kecil dimata Allah, dan Allah lah yang Maha Besar.


Selain itu banyak sekali keajaiban - keajaiban yang dapat kita dirasakan saat berada di Kota suci mekah dan madinah. Disana sungguh kita akan diperlihatkan Kebesaran dan KeEsaan Allah SWT. Tak heran jika keimanan dan ketaqwaan kita akan bertambah setelah berumrah atau berhaji. 


Sebagai Umat Muslim yang dimampukan oleh Allah jadikanlah umrah atau Haji sebagai prioritas supaya bisa merasakan, mengunjungi, shalat dan berdoa diKota Suci yang dijadikan Kiblatnya umat muslim sedunia.Aamiin ya Rabb...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini