Selasa

HIKMAH QURBAN DI BULAN HAJI / HIKMAH QURBAN DI BULAN DZULHIJJAH

Muhammad SAW Bersabda : Tidak ada hari didalamnya terdapat amal soleh yang lebih dicintai Allah selain amal soleh di 10 hari awal dzulhijah.” (HR. Muslim)

Mengapa 10 hari di awal Dzulhijah sangat mulia?
karena pada 10 hari awal dzulhijah terkumpul banyak ibadah, tidak ada hari yang terkumpul suatu ibadah kecuali 10 hari awal dzulhijah.
1 Ibadah Haji (tawaf, sa’i, wukuf di arafah, bermalam di mina dsb)
2. Puasa Arafah
3. Ibadah Qurban

Amalan – amalan yang dianjurkan pada 10 hari awal 10 dzulhijah

1. Menjaga shalat dengan baik

Sebuah habist shoheh :” Barangsiapa yang shalat selama 40 hari  (200 kali shalat) bersama dengan takbiratul ihram bersama Imam, maka dia akan memperoleh kebebasan dari api neraka dan bebas dari sifat munafik.”
Ada seorang datang ke rasulullah berkata “ya Rasulullah, aku ingin masuk ke surga bersamamu, tidak mau dengan yang lain.”
Rasulullah SAW menjawab : “kamu sesungguhnya telah meminta sesuatu yang besar, ada amalannya yaitu maka engkau harus sungguh sungguh menjaga dan memperbanyak Sujud.”

2. Berpuasa

Amalan yang dianjurkan adalah berpuasa dari tanggal 1 s/d 9 Dzulhijah dan hari ke-10 adalah hari raya idhul Adha. Sungguh puasa pada bulan dzulhijah, Allahlah yang akan memberikan pahala yang disembunyikan dan tidak terbatas.
Beberapa ulama mengatakan bahwa, puasa 9 hari di awal dzulhijah sangat dianjurkan, jika tidak mampu maka sangat dianjurkan untuk puasa di hari Arafah. Keutamaan Puasa Arafah diampuni tahun lalu dan tahun yang akan datang. Bahkan di hari Arafah, maka Allah akan membebaskannya dari neraka jahanam.

3. Banyak membaca Al Qur’an

Jika tidak bisa membaca maka simaklah Al Qur’an. Nikmati ibadah pada 10 hari di awal dzulhijah karena 10 hari istimewa ini akan cepat berlalu, belum tentu tahun depan usia anda berakhir pada tahun ini, sehingga anda tidak menemui 10 dzulhijah tahun depan.

4. Menghidupkan Takbir dan memperbanyak Takbir

Sunah Takbir Umum : setelah masuk Bulan Dzulhijah
Sunah Takbir Khusus : dimulai dari selepas subuh hari arafah s/d selepas asar 13 Dzulhijah dipimpin oleh imam Shalat.

5. Ibadah Qurban

Ibadah Qurban hanya dilakukan pada bulan Dzulhijah. Jika ada niat untuk berqurban maka harus mengikuti hukum ini : tidak boleh memotong kuku dan tidak boleh mencukur rambut. Karena pada hari nahar ini Allah membebaskan umatnya dari neraka jahanam termasuk kuku dan rambutnya. Lalu bagaimana dengan yang tidak melakukan ini maka qurbannya tetap syah.

Lalu bagaimana dengan Jumlah Hewan qurban?
1 hewan qurban adalah untuk 1 keluarga sehingga tidak ada jumlah yang ditentukan. Pendapat ini berdasar pada  riwayat Rasulullah SAW  pernah berqurban 2 ekor kambing untuknya dan keluarga. Rasulullah juga pernah berqurban 1 ekor kambing untuknya dan umatnya.
Nah kalau untuk Aqiqah, maka ada aturan jumlah kambingnya, laki – laki 2 ekor kambing dan perempuan cukup 1 ekor kambing.

Kenapa Rasulullah berqurban untuk umatnya?
Karena diantara umat Rasulullah banyak yang tidak mampu. Oleh karena itu bagi yang tidak mampu tidak usah memaksakan diri untuk berqurban jika itu akan menjadi beban dan memberatkanmu.

Ada yang bertanya, mana hari yang lebih mulia 10 hari awal dhulhijah atau 10 hari akhir ramadhan?
10 hari awal Dzulhijah lebih mulia daripada 10 hari akhir ramadhan.
Karena Hari – hari yang paling mulia sepanjang tahun adalah 10 hari awal dzulhijah, sedangkan Malam – malam yang paling mulia sepanjang tahun adalah 10 akhir malam ramadhan karena terdapat malam lailatul Qadar.

Melihat keutamaan 10 hari di Bulan Dzulhijah, mari kita menikmatinya dengan mendekatkan diri kepada Allah dan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini