Senin

ASAL MUASAL IBADAH HAJI


Perintah haji sudah ada sejak zaman nabi Ibrahim. Bahkan didiriwayatkan bahwa ka'bah dibangun oleh nabi Ibrahim dan Ismail atas perintah Allah SWT.


Ketika ismail berusia sekitar 30 tahun, imam At Tobari menuturkan, ketika ibrahim datang ke mekah, ibrahim mendapati ismail sedang membenarkan panahnya diatas sumur zamzam, seraya berkata : "wahai ismail, sesungguhnya Tuhanmu memerintahkanku untuk membangun sebuah rumah untuknya. Ismail menjawab :"kalau begitu segera laksanakan" kemudian Nabi Ibrahim berkata :"Allah memerintahkan supaya engkau membantuku" Ismail menjawab :"Kalau begitu aku akan membantumu."


Setelah selesai pembangunan ka'bah itulah perintah Haji diserukan kepada seluruh umat Muslim di dunia.

Allah SWT Berfirman :"Dan serulah manusia untuk melaksanakan ibadah haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus. mereka datang dari segenap penjuru yang jauh." (QS. Al Hajj : 22)

Rahasia Hajar Aswad 

Rasulullah SAW berhenti di hajar aswad kemudian mengecupnya seraya berkata : Sesungguhnya hajar aswad adalah batu yang tidak berbahaya dan tidak pula memberikan manfaat." begitu juga Umar Bin Khatab saat melaksanakan ibadah Haji,berhenti di Hajar Aswad dan berkata :"Sesungguhnya hajar aswad adalah batu yang tidak memberi manfaat dan tidak berbahaya, aku tidak akan menciumnya jika Rasulullah tidak menciumnya."

Oleh Ali Bin Abi Thalib yang dikisahkan oleh Imam At Tobari bahwa Nabi Ibrahimlah yang membangun pondasi ka'bah kemudian meninggikan bangunannya sampai ke posisi Rukuk sudut ka'bah. kemudian nabi ibrahim berkata kepada Ismail : "wahai anakku carilah batu supaya menjadi tanda bagi manusia." lalu ismail pergi untuk mencari batu dan kembali membawa batu, akan tetapi nabi Ibrahim tidak menyukainya dan menyuruh Ismail untuk mencari batu yang lain. kemudian Ismail pergi lagi mencari batu yang lain. Namun setelah kembali Ismail sudah mendapati Ibrahim sudah meletakkan Sebuah batu di sudut ka'bah.


Ismail bertanya kepada Ibrahim :"Wahai ayahku, siapakah yang telah membawakan batu untukmu?" Ibrahim menjawab :"yang membawakan adalah seseorang yang tidak mau aku bersandar kepadamu, maksudnya adalah Malaikat Jibril." itulah batu yang dikenal dengan hajar Aswas / batu Hitam.


Hajar Aswad awalnya berbentuk lonjong tidak beraturan. sebuah kitab mengatakan bahwa hajar aswad adalah sebuah meteor dilihat dari karakteristiknya yang memancarkan cahaya. Meteor dapat berbah warna karena cuaca.


Tata Cara Haji Yang diajarkan oleh Allah SWT

Makhluk yang pertama kali berhaji dimuka bumi adalah malaikat jibril bersama dengan nabi Ibrahim. dikisahkan oleh Imam At Tobari, Malaikat jibril menemui Nabi Ibrahim pada hari TARWIYAH, 8 dhulhijah. Malaikat Jibril membawa nabi Ibrahim ke mina, kemudian mereka shalat dhuhur ashar magrib dan isyak di akhir malam dan subuh.

kemudian malaikat jibril membawa ibrahim ke arafah dan menurunkannya di bawah pohon arak yang digunakan untuk beristirahat manusia, mereka menjama' shalat dhuhur dan ashar kemudian wukuf di arafah sampai tiba waktu magrib yang paling awal.


malaikat jibril dan nabi ibrahim meninggalkan arafah menuju ke masjidil haram dan menjama' shalat maghrib dan isya' kemudian mereka diam sampai waktu wajar yang paling awal. kemudian mereka shalat fajar, kemudian mereka diam lagi sampai waktu fajar yang paling akhir.

Setelah itu mereka bertolak ke mina untuk melempar jumrah kemudian menyembelih hewan qurban dan yang terakhir adalah tawaf ifadoh di Baitullah.

itulah tatacara haji yang diajarkan kepada nabi ibrahim lewat malaikat jibril. tatacara haji tersebut terus dilaksanakan sampai sekarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini