Sabtu

PENGOBATAN HERBAL ALA RASULULLAH

Tekhnologi kedokteran semakin canggih namun pengobatan secara alami dan doa - doa untuk penyembuhan penyakit masih sangat diperlukan. Dokter dan obat adalah perantara Allah lah yang memberi kesembuhan Oleh karena itu berdoalah kepada Allah agar diberikan kesembuhan atas penyakitnya.

Ada beberapa cara pengobatan ala Rasulullah. ketika ada bagian tubuh beliau yang sakit beliau senantiasa berdoa sambil mengusap bagian yang sakit. cara rasulullah adalah sebagai berikut :
"letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah 3x, lalu bacalah "a'uudzubillah wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru" (aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan)" (HR.Muslim)


Berikut adalah contoh - contoh pengobatan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW :
1. Jika sakit pada pencernaan beliau menyarankan untuk minum madu.
Kisah datang dari Abu Sa'id Al Qudri saat itu ada saudaranya yang sakit perut, kemudian beliau mendatangi Rasulullah, beliau menyarankan untuk minum madu sampai 2 kali tidak kunjung sembuh kemudian beliau bersabda "Allah SWT Maha Benar dan perut saudaramu berbohong berilah ia minum madu" (HR. Tirmidzi). akhirnya setelah 3 kali perutnya sembuh, alhamdulillah.

Sesungguhnya madu mempunyai banyak khasiat diantaranya : Meningkatkan kekebalan tubuh, anti bakteri dan dapat membunuh bakteri jahat, dan dapat menenangkan dinding lambung.

2. Jika sakit demam beliau menyembuhkan dengan air
gunakan air untuk kompres, adapun kompres yang baik adalah dengan air hangat.
dari ibnu Umar, Rasulullah SAW Bersabda "Sesungguhnya demam itu berasal dari didihan api neraka karenanya turunkanlah ia dengan air" (HR. Bukhari Muslim)

3. Jika Sakit Kepala
Muhammad SAW mengikat kepalanya saat sakit kepala, dan beliau juga pernah melakukan bekam untuk mengobati sakit kepalanya. dari Ibnu Abas r.a :"Kala itu Rasulullah SAW sedang dalam keadaan ihram, beliau dibekam bagian kepalanya karena merasa sakit dibagian tersebut" (HR.Muslim)

4. Jika ada luka beliau menyembuhkan dengan daun pacar
dari istri Abu Rafi "Jika di kaki Rasulullah SAW ada luka ataupun bisul beliau memerintahkan aku untuk mendatangkan hinna (daun pacar yang ditumbuk) dan beliau meletakkannya diatas luka tersebut" (HR. Tirmidzi)

5. Jika ada Jerawat diwajah
Selain luka daun pacar juga dapat menyembuhkan jerawat. dari imam jalaludin seorang ahli pengobatan memberikan cara mengobati jerawat dengan daun pacar yaitu dengan cara daun pacar dikeringkan, ditumbuk halus, dikasih sedikit air kemudian dibalurkan diwajah InsyaAllah jerawat akan segera hilang.

Rasulullah selalu menggunakan bahan - bahan alami, melakukan dzikir dan doa demi kesembuhan suatu penyakit.
"Rasulullah SAW seringkali mengobati sakit dengan membaca Al Muawwidzatain (Al Falaq dan Annas) lalu beliau meniup ke tangannya dan mengusap keduatangannya tersebut ke wajah dan tubuh beliau" (HR. Bukhari Muslim)

Selain itu beliau selalu membaca "laa hawla walaa quwwala illa billah (tidak ada kekuatan untuk menghindar dari keburukan dan tak ada kekuatan untuk mendatangkan kebaikan kecuali semuanya dari Allah) adalah obat untuk 99 penyakit, paling ringannya adalah gelisah (HR.Tabrani).

Allah SWT Berfirman "Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah SAW itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dian banyak menyebut Allah" (QS. Al Ahzab : 21)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini