Selasa

TANDA-TANDA MALAM LAILATUL QADAR


Apa itu malam Laitul Qadar?
Malam lailatul qadar adalah malam dimana Al qur'an diturunkan pertama kali sebagai petunjuk yang benar bagi seluruh umat manusia dimuka bumi dengan perantara Nabi Muhammad SAW.

Malam lailatul qadar adalah malam yang istimewa sekaligus mulia karena pahala ibadah pada malam lailatul qadar sama dengan ibadah selama 1000 bulan (83 tahun lebih 4 bulan).

malam lailatul qadar disebut juga malam kesejahteraan karena pada malam itu para malaikat termasuk malaikat jibril turun kebumi dengan membawa rahmat hingga terbit fajar.
pada malam lailatul qadar setan tidak dapat berbuat jahat kepada manusia, sehingga manusia hanya melawan hawa nafsunya sendiri.

Pada malam lailatul qadar Allah akan memberikan Ampunan kepada siapapun yang meminta dan pada malam ini Takdir tahunan juga dicatat.

Bagaimana asal usul malam Lailatul Qadar?
Rasulullah SAW pernah bercerita kepada para sahabat tentang 4 orang bani israil yang mereka selalu beribadah kepada Allah (malam dia gunakan untuk beribadah dan siang untuk berjihad dijalan Allah). mereka juga tidak pernah berbuat maksiat sedikitpun. itu semua dilakukan tidak hanya satu atau dua tahun melainkan selama 80tahun.

mendengar kisah ini, para sahabat menjadi sangat kagum dan sangat iri dengan keempat orang bani Israil tersebut. melihat hal ini kemudian malaikat Jibril turun kebumi dengan perintah Allah untuk memberikan kabar gembira kepada umat nabi Muhammad SAW melalui wahyu yang diturunkan yaitu Surat Al Qadr. yang mengabarkan bahwa Umat Muhammad tidak mampu untuk melakukan ibadah seperti empat orang bani israil tersebut tetapi Allah memberikan yang lebih baik yaitu malam lailatul qadar yang pahalanya sama dengan ibadah 1000 bulan (83 tahun lebih 4 bulan).


Firman Allah SWT "Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan. dan tahukah kamu apakah malam kemulian itu?" (QS. Al Qadr : 1-2)

begitu mulianya malam lailatul qadar sehingga Allah SWT merahasiakannya. tetapi para ulama sepakat untuk memberikan penjelasan tentang kapan malam laitul qadar itu terjadi dan apa tanda - tanda malam kemuliaan itu?
"Rasulullah SAW bersungguh - sungguh pada 10 hari terakhir dari bulan ramadhan, melebihi kesungguhan beliau diwaktu lainnya" (HR.Muslim)

Sebuah hadist shahih dari sahabat Abdullah Bin Umar, Rasulullah SAW Bersabda : "Barangsiapa yang ingin menjumpai malam lailatul qadar hendaklah dia mencarinya pada malam 27" (HR.Ahmad)

namun karena adanya perbedaan penetapan 1 ramadhan maka malam 27 bulan ramadhan juga berbeda - beda. kemudian apa tanda - tanda yang menunjukkan malam lailatul qadar?
berikut adalah tanda - tanda malam lailatul qadar :
1. pada malam itu malaikat akan menurunkan ketenangan sehingga manusia bisa merasakan ketentraman jiwa dan merasakan nikmatnya ibadah yang tidak dapat dirasakan pada malam - malam yang lainnya.

2. pada malam itu udara terasa tidak dingin, tidak berawan, tidak panas dan juga tidak ada badai. sungguh bumi terasa nyaman dan tenang sekali.

3. keesokan harinya, matahari akan terbit dalam kondisi yang sangat jernih, berwarna kuning, terasa teduh seperti tidak mengeluarkan sinar panas.
dari Ali Bin Ka'ab, Rasulullah SAW Bersabda : "Subuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar seolah - olah mirip bejana hingga matahari itu naik" (HR. Muslim).

Semoga kita semua dapat menjumpai malam kemualian tersebut dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini