Senin

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT MAKAN SAHUR

Bulan puasa selalu identik dengan waktu sahur dan waktu berbuka puasa. Sahur adalah Ibadah sunah yang mendatangkan pahala jika dilakukan. Saat makan sahur ada beberapa makanan yang harus dihindari yaitu :



PELUANG BISNIS MODAL KECIL UST YUSUF MANSUR

1. Makanan yang sulit dicerna karena dapat membuat perut terasa penuh dan mengganggu aktivitas saat puasa.
2. Makanan yang dapat merusak lambung. jenis makanan yang dapat merusak lambung adalah makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, dan makanan yang terlalu banyak mengandung bahan pengawet.
3. Makanan yang mengandung banyak lemak. makanan yang banyak lemak dapat mengganggu penyerapan gizi pada lambung dan usus halus.
4. makanan yang mengandung banyak gula. saat buka buasa dianjurkan makan makanan yang manis, akan tetapi saat sahur makanan yang terlalu manis dapat membuat badan menjadi lemas karena kadar gula dalam tubuh akan meningkat.

Akhir waktu sahur adalah ketika datang fajar. Allah SWT berfirman :"Dan makan dan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam yaitu fajar." (QS. Al Baqarah : 187)

Makan Sahur adalah termasuk sunah yang mendatangkan pahala dan memiliki beberapa keutamaan diantaranya :
1. Mendapatkan barokah dari makanan sahur saat ramadhan
2. Aktivitas makan sahur dapat membuat kita manjadi rajin beribadah
3. Aktivitas makan sahur dapat membangkitkan motivasi untuk menambah amalan - amalan sunah saat bulan Ramadhan.

Apa saja Amalan Sunah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW supaya puasanya mendatangkan keberkahan, kebahagiaan, dan kemudahan Hidup. berikut adalah amalan - amalan yang dilakukan Rasulullah SAW :
1. Senantiasa menjaga wudhu.
Rasulullah SAW Bersabda "sesungguhnya umatku akan dihadirkan pada hari kiamat dengan wajah, tangan dan kaki yang bercahaya karena bekas - bekas wudhu mereka. karenanya barangsiapa diantara kalian yang bisa memperpanjang cahayanya maka hendaklah dia lakukan" (HR. Al Bukhari No.136 & Muslim No.246)

2. Memperbanyak istighfar
Manusia adalah hamba Allah yang banyak dosa, oleh karena itu perbanyaklah istighfar untuk memperoleh ampunanNya.
Allah SWT berfirman "dan Allah sekali - kali tidak akan mengazab mereka sedang kamu berada diantara mereka. dan tidaklah pula Allah akan mengazab mereka sedang mereka meminta ampun" (QS. Al Anfal : 33)

3. Membaca Al Qur'an sebelum terbit matahari 
Allah SWT Berfirman "Sesungguhnya Al Qur'an ini memberi petunjuk kejalan yang paling benar (agama Islam) dan memberikan berita yang menggembirakan orang - orang yang beriman yang mengerjakan amal - amal sholeh, bahwa merekamendapatkan pahala yang besar" (QS. Al Isra : 9)

4. Memelihara Shalat berjamaah di masjid
Shalat berjamaah memperoleh pahala yang besar dan dihitung dari setiap langkahnya menuju ke masjid. Rasulullah SAW bersabda "Shalat seseorang dengan berjamaah lebih banyak daripada shalatnya sendirian sebanyak 27 kali " (HR. Imam Muslim)

5. Menunaikan Shalat Dhuha
Rasulullah SAW bersabda "pada tiap - tiap pagi lazimkanlah atas tiap - tiap ruas anggota seseorang kamu bersedekah, tiap - tiap tahlil satu sedekah, tiap - tiap takbir satu sedekah, menyuruh berbuat baik satu sedekah, dan cukuplah sebagai ganti yang demikian itu dengan mengerjakan dua rakaat shalat dhuha" (HR. Bukhari & Muslim)

6. Menunaikan shalat Tahajud
Allah SWT Berfirman "dan pada sebagian malam lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah - mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji" (QS. Al Isra : 79)

7. Senantiasa bersedekah
Allah SWT berfirman "dan jangan sekali - kali orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karuniaNya. mereka mengira bahwa kikir itu baik bagi mereka, padahal kikir itu buruk bagi mereka. apa (harta) yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan dilehernya pada hari kiamat milik Allah apa yang ada dilangit dan di bumi. Allah maha teliti atas apa yang kamu kerjakan" (QS. Ali Imron : 180)