Senin

KEBIASAAN YANG DAPAT MENURUNKAN IQ (KECERDASAN)


Allah SWT menciptakan manusia dengan ciri yang berbeda - beda supaya mereka lebih mudah untuk dikenali. Allah juga memberikan manusia kelebihan dan kekurangannya masing - masing sehingga mereka tidak sama. Begitu juga tingkat kecerdasan manusia juga berbeda - beda. Akhir - akhir ini skor tingkat kecerdasan manusia mengalami penurunan. apa saja hal - hal yang dapat menyebabkan menurunnya tingkat kecerdasan seseorang (Tingkat IQ).

-------------------------------------------->>>>>
Program Amal Usaha saling bantu membantu 
untuk masyarakat umum
semua bisa menjalankan hanya dari HP Anda
Insya Allah Sukses Dunia Akherat
KLIK PELUANG BISNIS YUSUF MANSUR
-------------------------------------------->>>>>

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat memicu menurunnya tingkat kecerdasan seseorang :
1. Terlalu sering Menyesali keaadaan sehingga menyebabkan perasaan sedih
Allah SWT berfirman : "tiada sesuatu bencanapun yang menimpa dibumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (lauhul mahfudz) sebelum kami menciptakannya. sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah (kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikanNya kepadamu". (QS. Al Hadid ; 22-23)

2. Membiarkan perasaan bersalah berlarut - larut dan tidak segera menyelesaikannya
perasaan bersalah jika tidak segera diselesaikan akan membuat hati tidak tenang sehingga merasa terbebani dan tidak bisa berfikir jernih / logis. kebiasaan ini dapat menurunkan fungsi kognitif otak dan otak tidak dapat berfungsi secara optimal. Dalam agama mengajarkan kita untuk segera minta maaf jika anda bersalah dan memaafkan kesalahan orang lain supaya tidak ada yang mengganjal dalam hidup anda.

3. Sering mengeluh tanpa alasan
Orang yang sering mengeluh artinya dia kufur (tidak bersyukur terhadap nikmat) yang diberikan Allah kepadanya. Orang yang sering mengeluh akan selalu merasa hidupnya sempit seolah dirinya adalah orang yang paling menderita dimuka bumi ini.  Padahal jika kita mau bersyukur Allah SWT akan menambah nikmatmu.
Allah SWT Berfirman : "Allah SWT tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya". (QS. Al Baqarah : 286)

4. Terlalu berlebihan menanggapi penolakan.
Penolakan yang ditanggapi secara negatif akan membuat anda semakin terpuruk. olehkarena Positif  dan rilex saja dengan penolakan.

5. Selalu merasa khawatir
Khawatir terhadap hal yang akan terjadi padahal kalau kita memahami sesuatu yang belum terjadi tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT. Jika anda khawatir maka anda akan merasa tidak nyaman, emosional menjadi tidak stabil dan tidak bisa berfikir logis.
ada beberapa tips untuk menghilangkan rasa khawatir yaitu :
  a. Berfikir positif terhadap ketetapan Allah
  b. Yakin bahwa apa yang akan terjadi pastilah yang terbaik untuk anda
  c. Mendekatkan diri kepada Pengatur alam semesta yaitu Allah SWT
  d. Memperbanyak Doa dan Istighfar kepada Allah SWT

lima kebiasaan diatas jika dibiarkan akan merugikan diri kita makanya Agama melarang kita untuk melakukan kelima hal diatas supaya hidup anda menjadi lebih baik di dunia dan akhirat.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini