Selasa

DOA UNTUK MELUNASI HUTANG




PELUANG BISNIS MODAL KECIL UST YUSUF MANSUR
bisnis Ust Yusuf Mansur bersama MLM Syariah

Semua manusia mempunyai masalah, masalah ada sebagai ujian untuk naik kelas. semakin banyak masalah semakin tinggi kelasnya dan semakin kuat imannya. masalah tiap manusia berbeda - beda, ada yang bermasalah dengan rumah tangganya, ada yang bermasalah dengan kesehatannya dan ada yang bermasalah dengan ekonominya. Ekonomi pas - pasan dan banyak hutang adalah masalah yang membuat batin tidak tenang, selalu gelisah, merasa sedih dan susah.

Ajaran Rasulullah SAW agar terhindar dari jeratan hutang adalah dengan berdoa sebagaimana berikut "Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari kesusahan dan kedukaan, dari lemah kemauan dan kemalasan, dari sifat pengecut dan bakhil, dari belenggu hutang dan tekanan manusia" (HR. Bukhari No.6369)

Selain doa tersebut diatas, supaya terhindar dari jeratan hutang juga harus berusaha dengan langkah konkrit agar mendapatkan rezeki (uang) untuk membayar hutang tersebut. berikut langkah - langkahnya :
1. Hilangkan rasa cemas, sedih dan susah yang melanda. pasrahkan semuanya kepada Allah karena Allah maha penolong dan Maha pemberi Solusi atas semua masalah yang menimpa hambaNya.
Allah SWT Berfirman "Barangsiapa yang bertawakal kepada Allah maka Dia mencukupinya" (QS. Ath Thalaq : 3)

2. Menanamkan sifat Rajin dan Berani berusaha. Walaupun beban hutang menghantui anda janganlah anda menjadi lemah. harus tetap rajin berusaha dan berani melakukan perubahan hidup.
Rasulullah SAW Bersabda "Bersemangatlah kepada apa yang bermanfaat untukmu dan mintalah tolong kepada Allah dan janganlah menjadi lemah" (HR. Muslim).

3. Memperbanyak sedekah. Saat hutang anda banyak bukan berarti anda tidak bersedekah, justru saat kondisi anda sulit perbanyaklah sedekah dan rasakan kemudahan yang akan Allah berikan kepadamu.

4. Berniat bersungguh sungguh untuk melunasi hutang.
Rasulullah SAW Bersabda : "barangsiapa mengambil harta orang lain (berhutang) dengan tujuan untuk membayarnya maka Allah akan tunaikan untuknya. dan barangsiapa mengambilnya untuk menghabiskannya (tidak membayar / tidak melunasi) maka Allah akan membinasakannya" (HR. Bukhari Kitab Al Istiqradh No.2387)

5. Berdoa kepada Allah supaya dimudahkan segala urusan di dunia dan di akhirat
Doa Rasulullah SAW "Ya Allah cukupilah aku dengan rizkiMu yang halal sehingga aku terhindar dari rizki yang haram dan perkayalah aku dengan karuniaMu sehingga aku tidak meminta kepada SelainMu" (HR. Tirmidzi 3563, Ahmad 1319, Al Hakim 1973).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini