Senin

TIPS KAYA ALA NABI


fixedbanner
Dalam agama Islam, menjadi kaya bukanlah hal yang dilarang bahkan dianjurkan. Orang kaya yang beriman, pandai bersukur dan gemar bersedekah itu jauh lebih baik daripada orang miskin yang suka meminta – minta. Kekayaan dapat memudahkan kita untuk beribadah sedangkan kemiskinan dapat mendekatkan kita kepada kekufuran. Islam mengajarkan kepada setiap umat muslim untuk menjalani hidup secara seimbang dunia dan akhirat. Islam  menganjurkan kita untuk tidak melupakan kenikmatan dunia tetapi kenikmatan dunia tidak boleh menjadikan kita lupa terhadap urusan akhirat.

Salah satu nabi yang diberikan mukjizat berupa kekayaan yang berlimpah dan kekuasaan yang sangat luas adalah nabi sulaiman. Oleh karena itu, sebagai muslim yang ingin kaya wajib meneladani nabi sulaiman. Ada beberaa prinsip dasar yang patut untuk diteladani yaitu sebagai berikut :
1.  Tidak menjadikan kekayaan sebagai tujuan utama
Jadikanlah kekayaan sebagai sarana untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
2.  Mendahulukan ilmu
Ilmu lebih penting dari harta dan kekuasaan karena dengan ilmu bisa menghasilkan harta dan kekuasaan. Ilmu ibarat biji yang apabila ditanam bisa tumbuh, berkembang dan berbuah.
3.  Bertakwa kepada Allah SWT
4.  Tawakal kepada Allah SWT
5.  Beribadah sepenuhnya kepada Allah SWT
6.  Bersyukur kepada Allah SWT
7.  Berbakti kepada Orang tua
8.  Bersedekah


daftar bisnis ustad yusuf mansur