Rabu

SAAT PINTU REZEKI TERTUTUP

================================

  • AHMAD DHANI Ahmad Dhani adalah salah satu sosok musisi tanah air yang tergolong unik dan nyentrik
  • AGNEZMO Agnezmo kembali tampil dalam acara Panasonic Gobel Award 
  • NAGITA SLAVINA VS AYU TING TING Dunia hiburan masih dihebohkan dengan kabar Raffi Ahmad dan Ayu Ting ting


==================================



Sebenarnya tak ada yang tahu pasti dalam persoalan rezeki karena ia adalah suatu misteri dari Allah Swt. Allah Swt hanya memberikan kepastian berupa janji bahwa Allah Swt tidak akan membiarkan makhluk-Nya tanpa rezeki, adapun mengenai jumlah, kadar, maupun bentuknya itulah yang menjadi misteri. Karena rezeki adalah janji dari Allah Swt. Maka sudah pasti Dia akan menepatinya, artinya sebagai makhluk kita tidak perlu khawatir akan tidak ditepatinya janji tersebut. Oleh sebab itulah, sudah barang tentu Allah Swt selalu membukakan pintu rezeki bagi hamba-Nya. Lalu, mengapa kita sebagai hamba kadang kala melihat bahwa pintu rezeki kita itu tertutup?



= =>>> pengusaha muslim cinta sedekah

Saat kita mengalami kepailitan usaha, saat utang munumpuk, saat dagangan tidak laku, dan masalah lainnya, hal-hal yang demikian itu sering kali membuat pikiran kita menjadi negative dan merasa seolah-olah pintu rezeki kita tertutup. Kita menganggap bahwa apa yang selama ini kita lakukan adalah satu-satunya pintu untuk mendapatkan rezeki sehingga ketika pintu tersebut ada sedikit mengalami masalah dan tidak bisa dibuka maka kita menganggap bahwa pintu rezeki kita telah tertutup, padahal Allah Swt telah menyediakan banyak pintu-pintu rezeki lain yang dapat kita buka.

Analogi sederhana yang bisa kita jadikan gambaran adalah dalam sebuah rumah tentu ada banyak pintu untuk memasukinya, ada pintu depan, pintu belakang, maupun pintu samping. Nah, ketika kita sudah terbiasa masuk rumah melalui pintu depan dan menganggap bahwa pintu depan itu satu-satunya pintu masuk maka ketika pintu depan tersebut rusak atau kita lupa membawa kunci, kita menganggap bahwa sudah tidak bisa lagi masuk rumah. Padahal, masih ada pintu belakang dan pintu samping yang bisa kita lewati untuk masuk ke dalam rumah yang kuncinya selalu kita bawa. Pikiran yang terfokus hanya pada satu titik itulah yang membuat diri kita terbelenggu, kita harus membuka cakrawala dan cara pandang agar menjadi bijak dalam menyikapi hidup ini, terutama dalam hal rezeki. Bahwa Allah Swt telah membentangkan langit dan bumi agar manusia bisa mencari rezekinya dari arah mana pun selama masih dalam syariat dan jalan yang halal. Jadi, saat kita melihat bahwa pintu rezeki kita tertutup, pada hakikatnya tidak benar-benar tertutup, masih ada pintu lain yang bisa kita buka. Pikiran positiflah yang mampu membuka mata fisik dan mata batin kita akan keberadaan pintu lain tersebut sebagai jalan alternative.

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari para tokoh yang sukses di bidangnya masing-masing salah satunya adalah kesuksesan Bob Sadino. Pada awalnya Bob Sadino berasal dari keluarga kaya dan ia mewarisi kekayaan keluarganya. Ia sempat berkeliling dunia dan menetap serta bekerja di luar negeri. Akan tetapi, berbagai cobaan dialaminya hingga ia sampai terpaksa menjadi tukang batu dengan penghasilan yang super minim. Hal tersebut sempat membuatnya depresi dan disarankan temannya memelihara ayam untuk menghilangkan depresinya. Melihat ayam-ayamnya, muncul ide untuk berbisnis ayam. Lalu ia mulai merintis usahanya dari bawah hingga mencapai kesuksesan seperti sekarang. Hikmah yang bisa dipetik adalah saat satu pintu rezeki tertutup, maka masih banyak pintu-pintu rezeki lain yang terbuka lebar bagi kita. Kita harus segera menyadarinya agar tidak semakin terpuruk dan selalu menyalahkan keadaan.

Lalu, apa yang harus kita lakukan jika melihat pintu rezeki kita tertutup? Beberapa hal berikut ini bisa menjadi solusi bagi tertutupnya pintu rezeki, di antaranya:
a.   Mengubah cara pandang
Cara pandang menjadi focus utama dalam hal tertutupnya pintu rezeki. Cara pandang yang keliru akan melahirkan pikiran keliru sehingga energy negative yang dihasilkan dan rezeki bukanlah semakin dekat dan seolah malah semakin menjauh. Kita harus mengubah pandangan bahwa pintu rezeki telah tertutup, menjadi pintu rezeki selalu terbuka. Cara pandang yang demikian akan memacu motivasi dan semangat kita untuk selalu berusaha mencari jalan keluar dari permasalahan rezeki yang kita hadapi.

b.   Tidak mudah menyerah dengan keadaan
Menyerah adalah tanda ketidakmampuan seseorang dan merupakan tanda kelemahannya. Seseorang yang kuat adalah orang yang tidak menyerah meskipun dalam kondisi yang serba keterbatasan. Keterbatasan menjadi pemicu semangat untuk selalu berusaha menjadi baik dan lebih baik lagi. Mencoba berulang-ulang akan memecahkan hal yang tidak bisa kita lakukan. Lihatlah bagaimana tetesan-tetesan air dapat melubangi sebuah batu yang keras. Melakukan hal yang terbaik dengan maksimal akan melahirkan kesuksesan. Kesungguhan dan semangat tentu membedakan kapasitas diri seseorang dibanding orang yang tidak sungguh-sungguh. Sebuah pepatah Arab berbunyi “Man Jadda Wajada” (barang siapa yang bersunguh-sungguh maka dapatlah ia). Jika seseorang bersungguh-sungguh dalam mencari rezeki, tentu ia akan mendapatkan rezeki yang menjadi haknya.

c.   Mencari kunci-kunci pembuka pintu rezeki
Pintu yang tertutup tentunya dapat dibuka dengan kunci yang sesuai dan pas. Demikian pula pintu rezeki yang tertutup tentu dapat dibuka bila kita menemukan kuncinya. beberapa kunci pembuka rezeki, di antaranya: iman kepada Allah Swt, takwa kepada Allah Swt, bertawakkal, dan bersyukur atas nikmat Allah Swt.


= =>>> pengusaha muslim cinta sedekah

d.   Memperbanyak sedekah dan silaturrahmi
Sedekah merupakan salah satu cara untuk membuka pintu rezeki, banyak dalil yang menjelaskan keutamaan sedekah. Adapun manfaat silaturrahmi selain memperpanjang usia adalah akan diperluas rezekinya. Dengan silaturrahmi kita bisa memperluas jaringan bisnis, persahabatan, dan sebagainya sehingga kita bisa meminta pertolongan dan bantuan modal kepada relasi kita. Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang senang jika dibentangkan rezeki kepadanya dan dipanjangkan umurnya maka sambunglah silaturrahmi”

Dalam masalah rezeki, kita harus selalu mengingat janji Allah Swt agar tidak melemahkan semangat ikhtiar kita. Cara-cara yang disebutkan di atas sebagian kecil yang bisa kita lakukan agar tidak menyalahkan keadaan dan lebih parahnya lagi hingga manyalahkan Allah Swt. Rezeki itu sudah pasti jaminan Allah Swt hanya cara bagaimana memperolehnya itu tidak seorang pun tahu. Maka dari itu, kita harus terus berusaha mencari rezeki yang halal sehingga hidup kita bahagia, tenang, dan tenteram.

daftar bisnis ustad yusuf mansur