Minggu

PENTINGNYA BERDOA



Manusia adalah makhluk yang lemah, tidak berdaya, dan tidak memiliki kekuatan apa pun melainkan atas karunia Allah Swt. Bila Allah Swt tidak memberikan rahmat-Nya, tentu manusia tidak akan sanggup menjalani hidup ini dan memikul tugas yang besar sebagai khalifah di muka bumi ini. Karena keterbatasan, kelemahan, dan kekurangan yang dimiliki manusia, tentunya manusia membutuhkan pertolongan, tempat mengadu, dan tempat bersandar atas segala kesusahan yang dijalaninya. Dan, tempat terbaik untuk bersandar dan meminta pertolongan adalah Allah Swt. Cara yang dianjurkan dan diajarkan Allah Swt untuk meminta pertolongannya adalah dengan berdoa.

Doa sangat penting kedudukannya bagi manusia. Karena berdoa merupakan bentuk penghambaan dan pengakuan manusia kepada Allah Swt. Hamba adalah seseorang dengan segala keterbatasan, sedangkan Tuhan adalah dengan segala kemahabesaran. Seseorang yang berdoa adalah orang yang meyakini bahwa Allah Swt dengan kemahabesaran-Nya akan mengabulkan doa manusia yang serba lemah dan terbatas. Doa memiliki posisi yang penting karena setiap orang sangat membutuhkannya, baik untuk memperoleh apa yang diinginkan maupun untuk menolak apa yang tidak diinginkan. Arti penting lainnya doa bagi manusia adalah dengan doa manusia bisa merasakan kebahagiaan di dunia dan di akhirat, sebagaimana doa yang sering kita panjatkan untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat: “…Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Al-Baqarah[2];201).

Oleh sebab itu, hendaknya manusia memperbanyak berdoa kepada Allah Swt. Meskipun untuk mencpai kebahagiaan itu tidak hanya dengan doa, tetapi perlu dibarengi dengan ikhtiar yang kuat. Doa dan ikhtiar adalah dua amalan yang merupakan kunci untuk mendapat kebahagiaan dan kesuksesan.

Allah Swt sangat menyukai dan mencintai hamba-Nya yang berdoa, itulah arti penting doa bagi manusia. Tentu kita sebagai manusia sangat bersyukur jika Allah Swt mencintai kita, karena ketika Allah Swt mencintai hamba-Nya maka segala permintaan akan Dia kabulkan. Sebaliknya, kita tidak mengharapkan murka dan benci Allah Swt. Karena Allah Swt sangat menyukai hamba yang berdoa maka kita jangan malas untuk berdoa dan berputus asa dari doa. Selalu berdoa untuk mengharap ampunan atas segala dosa dan tidak berputus asa dari terkabulnya doa adalah lebih utama bagi manusia.

daftar bisnis ustad yusuf mansur