Rabu

MANFAAT BERSYUKUR



Bersyukur atas nikmat yang telah Allah Swt memiliki manfaat yang sangat banyak bagi manusia. Kita harus menyadari akan manfaatnya agar kita selalu menjadi hamba-Nya yang bersyukur. Di antara manfaat bersyukur adalah :
a.   Allah Swt akan menambah nikmat-Nya.
Janji Allah Swt bahwa Dia akan menambah nikmat yang telah diberikan jika kita mensyukurinya. “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]:7)

b.   Allah Swt tidak menyiksa hamba yang bersyukur dan beriman.
Jika seorang hamba adalah orang beriman dan selalu bersyukur maka Allah Swt tidak akan menyiksa hamba itu. Bahkan, Allah Swt memberi pahala atas amal-amalnya, menambahkan nikmat-Nya, dan memaafkan kesalahannya. “Mengapa Allah Swt akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah Swt adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nisa [4]:147)

c.   Manfaat bersyukur kembali pada diri sendiri.
Sejatinya orang bersyukur akan merasakan manfaatnya bagi dirinya sendiri, berupa ketenangan, kedamaian, kebahagiaan hidup. Jika kita tahu bahwa balasannya adalah untuk kita sendiri tentu sepanjang hidup kita akan selalu bersyukur. “Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Luqman, yaitu: ‘Bersyukurlah kepada Allah, dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Luqman [31]: 12)

d.   Bersyukur dapat melestarikan nikmat.
Dengan bersyukur, Allah Swt akan melestarikan nikmat tersebut kepada hamba-Nya dan tidak mencabut nikmat terebut darinya. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw: “bersyukur atas nikmat Allah Swt akan melestarikan nikmat tersebut.” (HR. ad-Dailami)
“(siksaan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya Allah Swt sekali-kali tidak akan mengubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu mengubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri, dan sesungguhnya Allah Swt Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Anfaal [8]: 53)

e.   Memiliki derajat yang sama dengan orang puasa.
Rasulullah Saw bersabda: “Orang yang makan dan pandai bersyukur sama derajatnya dengan orang puasa yang sabar.” (HR. Tirmidzi)

f.    Balasan bersyukur adalah mendapat nikmat.
“Sebagai nikmat dari Kami. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS. Al-Qamar [54]: 35)

g.   Allah Swt memperlihatkan tanda kebesaran-Nya bagi hamba yang bersyukur.
“Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur.” (QS. Al-A’raaf [7]: 58)

h.   Allah Swt pasti memberi balasan orang yang bersyukur.
Orang yang bersyukur pasti akan mendapatkan balasan dari Allah Swt, baik di dunia maupun di akhirat. Allah Swt brfirman: “Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. (Qs. Ali Imran [3]: 145)

daftar bisnis ustad yusuf mansur